Kamis, 27 Desember 2012

PENGGOLONGAN TUMBUHAN


 

Tumbuhan adalah organisme hidup yang mengolah sinar matahari untuk mendapatkan energi dan hidup. Tumbuhan dapat digolongkan berdasarkan sebagai berikut:









A. Penggolongan Tumbuhan berdasarkan Tempat Hidupnya

Berdasarkan Tempat Hidupnya Seperti hewan, tumbuhan pun digolongkan berdasarkan tempat hidupnya. Tempat hidup tumbuhan ada di darat dan ada pula di air.


Tumbuhan darat ada yang tumbuh di atas batu, contohnya lumut. Ada tumbuhan yang menumpang pada pohon inangnya, contohnya anggrek dan benalu. 





Ada tumbuhan yang hidup di air. Akar, batang, dan daunnya berada di air, contohnya teratai, eceng gondok, dan bakau.

      






B. Penggolongan Tumbuhan berdasarkan Bentuk Daunnya

Daun merupakan salah satu bagian terpenting dari tumbuhan. Letaknya di bagian atas tumbuhan serta berfungsi menghasilkan zat makanan dan sebagai alat pernafasan. Bentuk daun bermacam-macam, yaitu:


Bentuk daun oval, yaitu bagian tengah daun lebih lebar dibandingkan bagian atas dan bawahnya, misalnya: daun mangga, rambutan, dan durian.







Bentuk daun melengkung, yaitu bentuknya seperti garis lengkug, misalnya: daun eceng gondok dan daun sirih.






Bentuk daun menjari atau seperti jari, yaitu bentuk seperti jari-jari manusia, misalnya: daun singkong dan daun pepaya.








Bentuk daun memanjang, yaitu helaian daun memiliki lebar yang sama, misalnya: pandan, tebu, padi, dll.

 






C.  Penggolongan Tumbuhan berdasarkan Bentuk Batangnya

Batang adalah bagian tumbuhan yang berguna sebagai penyalur makanan dari akar ke seluruh bagian tumbuhan. Selain itu, batang berfungsi untuk menegakkan tumbuhan di atas permukaan tanah. Bentuk batang bermacam-macam antara lain:

 

Tumbuhan berbatang rumput yaitu Tumbuhan yang batangnya beruas-ruas yang nyata dan beronggang. Misalnya: tumbuhan padi dan jagung








Tumbuhan berbatang basah yaitu Tumbuhan yang memiliki batang lunak dan berair. Misalnya: bayam, kangkung, selada air, dll.

 

 

 

 

Tumbuhan berbatang kuat yaitu Tumbuhan yang memiliki batang keras dan berkayu. Misalnya: pohon mangga, nangka, jambu dll.










Tumbuhan berbatang menjalar yaitumbuhan yang memiliki batang menjalar di tanah. Misalnya: semangka, mentimun, ubi jalar dll.









D. Penggolongan Tumbuhan berdasarkan Jenis Akarnya

Akar bagi tumbuhan sangat penting karena berfungsi untuk menyerap air dan makanan dari dalam tanah. Pada beberapa tumbuhan, seperti wortel dan ketela pohon, akar berfungsi sebagai penyimpan cadangan makanan. Ada dua jenis akar, yaitu:


 

Akar serabut adalah akar yang tidak memiliki akar utama dan setiap bagian akar besarnya sama. Tumbuhan yang memiliki akar serabut, misalnya tumbuhan padi, jagung, rumput, andong, dan tebu.

 







Akar tunggang adalah akar utama yang berukuran besar dan memiliki akar cabang. Tumbuhan yang memiliki akar tunggang, misalnya pohon mangga, jambu, nangka dan durian.



 

 

Akar memiliki fungsi yang sangat penting, antara lain:
1)      Memperkuat berdirinya tumbuhan.
2)     Menyerap air dan zat-zat makanan dari dalam tanah.
3)     Beberapa tumbuhan digunakan sebagai tempat cadangan makanan.
Hal itu membuat lingkungan terhindar dari banjir karena air yang jatuh ke bumi diserap dengan baik. Akar tumbuhan juga membuat keadaan tanah menjadi subur. Jika tidak ada tumbuhan, air sulit diserap oleh tanah sehingga bencana banjir tidak dapat dihindarkan dan masyarakat akan mengalami kerugian.




E. Penggolongan Tumbuhan berdasarkan ada tidaknya Bunga

Bagian tumbuhan yang menarik adalah bunga. bunga mempunyai warna beraneka ragam. Berdasarkan ada tidaknya bunga, tumbuhan dibedakan menjadi dua Yaitu: tumbuhan berbunga dan tidak berbunga.  

 

Tumbuhan berbunga adalah tumbuhan yang sempurna. Tumbuhan berbunga memiliki bagian tertentu Yaitu: akar, batang, daun, biji, bunga, dan buah. Misalnya melati, mawar, dll.

 

 

 

 

 

 

Ada juga tumbuhan yang tidak berbunga.  Tumbuhan tidak berbunga tidak memiliki bunga, buah, dan biji. Misalnya tumbuhan paku, tanduk rusa, dan suplir. Tumbuhan tersebut berkembang biak dengan spora. Spora terletak di balik daunnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar